KATA
PENGANTAR
Assalamu’alaikum Wr. Wb
Segala
puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan
bimbingan-Nya kami dapat menyusun makalah
ini . Tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada “Joni
Hariyanto, S.Pi. “ selaku dosen mata
kuliah Komputer yang telah membimbing kami dari awal hingga terselesainya
makalah ini.
Makalah
dengan judul “Fungsi Icon Pada
Tab References” , ini kami susun atas dasar tuntutan tugas
Komputer yang diberikan oleh dosen kami sebagaimana di atas.
Dalam
penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan, baik pada teknis penulisan maupun materi,
mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari
semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Semoga
makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa dijadikan acuan saudara-saudara
sekalian dalam memahami apa yang kami bahas dalam makalah ini. Akhirnya penulis berharap semoga Allah
memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan
dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah. Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
Sumenep,
29 April 2013
Penulis
DAFTAR
ISI
KATA PENGANTAR..............................................................................................................1
DAFTAR ISI ............................................................................................................................2
BAB I
PENDAHULUAN.........................................................................................................3
1.1
Latar Belakang
Masalah ...................................................................................................3
1.2
Rumusan
Masalah..............................................................................................................3
1.3
Tujuan
Penulisan ..............................................................................................................3
BAB II
PEMBAHASAN..........................................................................................................4
2.1
Pengertian..........................................................................................................................4
2.2
Icon-icon yang terdapat dalam Tab
References................................................................4
2.3
Fungsi dari icon-icon yang terdapat dalam
Tab Reference...............................................5
BAB III PENUTUP................................................................................................................10
3.1 Kesimpulan ........................................................................................................................10
DAFTAR PUSTAKA ............................................................................................................11
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang Masalah
Icon perintah yang terdapat di tab References
secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang
berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan perlu dilengkapi dengan
atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya lebih
terlihat nyata dan konsisten.
Setelah kelompok kami
melakukan observasi lebih lanjut, tab References
ini menjadi sangat menarik dan cukup berperan penting bagi pengguna dalam
menggarap dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi, makalah,
dll, dimana di dalamnya dituntut untuk melengkapinya dengan atribut referensi
semisal footnote dan endnote.
Fakta di lapangan menunjukkan bahwa para pengguna
mayoritas hanya mengetahui sisi luar dari tab References ini. Sedangkan
pemahaman mengenai fungsi tab tersebut masih sangat minim dan butuh pemahaman
lebih lanjut.
Untuk itu, posisi kami disini adalah sebagai pihak
yang memberi pemahaman serta menyajikan referensi baru seputar tab References
beserta fungsinya agar pengguna serta pembaca sekalian dapat memahami lebih
lanjut dari tab references tersebut.
1.2 Rumusan
Masalah
Dalam
hal ini penulis merumuskan beberapa permasalahan-permasalahan sekaligus menjadi
batasan bagi penulis didalam menguraikan makalah ini :
1. Apa
yang dimaksud Tab References ?
2. Apa
saja icon-icon yang terdapat dalam Tab References ?
3. Apa
fungsi dari icon-icon yang terdapat dalam Tab References ?
1.3 Tujuan Penulisan
Kelompok
kami menyusun makalah ini bertujuan agar para pembaca bisa mengetahui tentang apa
itu Tab References, apa saja icon-icon yang terdapat dalam Tab References,
serta fungsi dari icon-icon yang terdapat dalam tab tersebut.
BAB
II
PEMBAHASAN
2.1
Pengertian
Tab References adalah
salah satu dari beberapa tab yang ada dalam komputer, di antaranya home,
insert, page layout, mailings, review, dan view. Icon perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan
atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan perlu
dilengkapi dengan atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di
dalamnya lebih terlihat nyata dan konsisten.
Tab References ini
menjadi sangat menarik dan cukup berperan penting bagi pengguna dalam menggarap
dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi, makalah, dll, dimana
di dalamnya dituntut untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
2.2
Icon-icon yang terdapat dalam Tab References
Tab
References terdiri dari 6 group:
1. Table
of Contens,
2. Footnotes,
3. Citation
& Bibliography,
4. Captions,
5. Index,
dan
6. Table
of Authorities.
2.3
Fungsi dari icon-icon yang terdapat dalam Tab References
1. Table of Contens
Icon perintah yang terdapat pada group
Table of Contens terdiri atas 3 icon: Table of Contens, Add Text, dan Update
Table.
Menu Table of Contens
digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menyisipkan
daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang
dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari
file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu
memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan.
Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul
sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan
leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.
Perintah Add Text digunakan
untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar
isi yang sudah dibuat. Tentu Anda tahu bahwa mesin otomatis tidak selamanya
dapat menjalankan tugas spesifik yang sangat detail. Sehingga perlu adanya opsi
yang memungkinkan user untuk melakukan customisasi bila nantinya ternyata tidak
sesuai dengan yang diharapkan. Tak jarang, di tengah penulisan, akan membaca
sebuah alinea biasa sebagai judul. Di kasus lain, Anda mungkin menghendaki
sebuah judul untuk dimasukkan ke level 2 (subjudul) namun sistem justru
menjadikannya sebagai judul (level 1). Sehingga langkah customisasi tampaknya
perlu dilakukan agar hasil pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Disinilah
fungsi sebenarnya dari perintah ini. Bila diklik, menu ini akan memunculkan
pulldown yang terdiri dari beberapa opsi pendukung sisipan tersebut. Anda bisa
memilih, apakah mau disisipkan sebagai judul (level 1), atau subjudul (level
2), dll
Sedangkan perintah Update Table
digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen,
misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis
mempengaruhi status daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi
antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
2. Footnotes
Umumnya,
semua icon perintah yang terdapat di group Footnotes ini pengelolaan
referensi tulisan. Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert
Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote, dan (4) Show Notes.
Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan
kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Suatu istilah
kadang merasa perlu untuk dijelaskan lebih detail untuk memunculkan pemahaman
yang konkrit, namun tidak mungkin dijelasakan dalam paragraf bahasan. Bila
dipaksa akan memutus alur bahasan itu sendiri. Sebagai alternatif, Anda
menyisipkan catatan kaki untuk menjelaskan lebih detail tentang istilah yang
dipakai. Aktifkan kursor di sebelah kanan kata yang dimaksud, lalu klik icon ini,
maka sistem akan membawa kursor ke bagian bawah halaman dan mempersilahkan Anda
menulis catatan kaki.
Berbeda dengan Footnote, Endnote digunakan untuk menyisipkan
catatan di akhir bab. Namun demikian, cara penggunaannya sama, bila perintah
Endnote diklik, sistem akan membawa Anda pada akhir bab dan mempersihakan Anda
untuk menuliskan catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh
kursor.
Sedangkan Next Footnote
berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow.
Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote
dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
Icon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan
lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. Bila Anda mengaktifkan perintah
ini, maka sitem akan menampilkan letak catatan dari halaman dokumen yang sedang
aktif. Untuk menonaktifkan tampilan tersebut, klik sekali lagi icon perintah
Show Notes tersebut.
3. Citation & Bibliography
Icon
perintah yang terdapat di group Citation & Bibliography digunakan
untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat membantu dalam
pengelolaan daftar kutipan dan daftar pustaka yang sering membingungkan kita
saat menggarap tulisan kompleks. Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1)
Insert Citation, (2) Manage Source (3) Style, dan (4) Bibliography.
Insert
Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif.
Dengan icon ini, Anda tidak melakukan pemformatan secara tradisional. Tentukan
letak kursor, klik icon ini, Anda akan dihadapkan pada sejumlah opsi untuk
keperluan menyisipkan kutipan.
Sedangkan icon Manage Sources
digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan
di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Anda akan dibawa untuk berkonsentrasi
dengan pengaturan semua sumber kutipan yang disisipkan tersebut.
Menu Style berfungsi
untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat
sendiri bentuk daftar pustaka yang mungkin kita belum memahaminya. Pilih format
daftar pustaka disini dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka
yang resmi.
Menu Bibliography digunakan
untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang
telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan
yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan
langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu
lagi mencatat di buku tradisional.
4. Captions
Group Captions secara umum
digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang
terdapat dalam dokumen. terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Caption,
(2) Insert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.
Insert Caption digunakan untuk membubuhkan
keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan. Memang kita
akui bahwa gambar cukup membantu memperjelas suatu bahasan. Namun gambar
tersebut juga perlu diarahkan dengan sedikit keterangan seputar gambar
tersebut. Bila tidak, mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman tentang gambar
ilustrasi tersebut. Mungkin tidak demikian bila kita membubuhkan keterangan
mengenai gambar itu.
Sedangkan icon Insert Table of
Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke
dalam dokumen. Umumnya dalam perbukuan merasa perlu untuk melakukan katalog
mengenai gambar-gambar yang terdapat di buku, untuk memudahkan pembaca dalam
menavigasi seluruh gambar yang ada di sebuah buku. Icon Insert Table of Figures
digunakan untuk melakukan urusan tersebut. Sehingga dengan mudah dapat membuat
katalog gambar deskripsi di sebuah buku.
Icon Update Table digunakan
untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar. Perubahan di segmen
gambar tidak serta-merta langsung mengubah katalog yang sudah dimasukkan
sebelumnya. Misal, kita menambah atau menghapus suatu gambar ilustrasi. Kasus
lain, nomor katalog gambar mungkin amburadul saat menyisipkan gambar baru
diantara gambar lainnya. Dengan icon Update Table tersebut, sistem akan mengurutkan
nomor katalog gambar tersebut.
Icon perintah Cross-reference
berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di
halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki. Namun bagaimana
bila hal itu harus diulang 100 kali? Disinilah fungsi sebenarnya dari icon
Cross-reference tersebut. Anda bisa merujukkannya ke footnote atau endnote di
halaman lainnya.
5. Index
Group Index secara umum
berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku. Group ini terdiri
dari 3 icon perintah: (1) Mark Entry, (2) Insert Index, dan (3)
Update Index.
Mark Entry digunakan untuk menandai masukan
baru dalam dokumen. Saat mengedit tulisan mungkin dihadapkan pada situasi
dimana Anda merasa perlu membedakan antara kata masukan yang baru dengan yang
lama. Icon perintah Mark Entry akan membantu Anda dalam pengelolaan seputar
masukan baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri kata yang baru akan
ditandai dengan warna tertentu sehingga dengan mudah Anda bisa membedakan
antara masukan kata yang sebelumnya dengan entri kata yang terbaru.
Sedangkan icon Insert index
digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen. Indeks menggambarkan
kata atau istilah yang dibahas di dalam tulisan Anda. Dengan indeks, pembaca
akan memiliki navigasi untuk mengenal sepintas tentang perbendaharaan sebuah
buku. Icon Index membantu Anda dalam pengelolaan indeks di dokumen garapan
Anda.
Update Index digunakan
untuk memperbarui daftar indeks terkini. Saat Anda menambahkan kalimat baru di
suatu bahasan, mungkin akan menggeser halaman yang sebelumnya sudah terdaftar
dalam indeks sehingga daftar nomor halaman yang sudah terindeks tidak akurat
lagi dengan kondisi terbaru dari dokumen Anda. Gunakan icon update Index
tersebut untuk memperbarui daftar di indeks sesuai dengan kondisi terkini di
dokumen Anda.
6. Table of Authorities.
Table of
Authorities digunakan untuk menyisipkan daftar sumber dari pemilik otoritas
dokumen.bagian ini Terdiri dari 3 perintah yang bisa kita gunakan, antara lain
: Mark Citation, Insert Table of Authorities, and Update Table.
Fungsinya
adalah sebagai berikut :
- Fungsinya Mark Citation digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
- Sedangkan Insert Table of Authorities berfungsi untuk menyisipkan tabel sumber kutipan, sumber undang-undang atau konstitusi.
- Kemudian Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel
BAB III
PENUTUP
3.1 Kesimpulan
Icon perintah yang terdapat di tab References
secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang
berkaitan dengan dunia perbukuan atau penyusunan beberapa dokumen yang cukup
kompleks seperti proposal, skripsi, makalah, dll. Dimana
fungsi keseluruhan dari icon-icon di dalamnya untuk mempermudah user dalam
proses pengetikan sekaligus penyusunan dokumen-dokumen penting sebagaimana di
atas.
DAFTAR
PUSTAKA
Tidak ada komentar:
Posting Komentar