Selasa, 30 April 2013

Makalah Fungsi Icon Pada tab References


KATA PENGANTAR

Assalamu’alaikum Wr. Wb
Segala puji syukur kami panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat dan bimbingan-Nya kami dapat menyusun makalah  ini . Tak lupa pula kami mengucapkan terima kasih kepada “Joni Hariyanto, S.Pi. “ selaku dosen  mata kuliah Komputer yang telah membimbing kami dari awal hingga terselesainya makalah ini.
Makalah dengan judul “Fungsi Icon Pada Tab References” , ini kami susun atas dasar tuntutan tugas Komputer yang diberikan oleh dosen kami sebagaimana di atas.
Dalam penulisan makalah ini penulis merasa masih banyak kekurangan,  baik pada teknis penulisan maupun materi, mengingat akan kemampuan yang dimiliki penulis. Untuk itu kritik dan saran dari semua pihak sangat penulis harapkan demi penyempurnaan pembuatan makalah ini.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat dan senantiasa dijadikan acuan saudara-saudara sekalian dalam memahami apa yang kami bahas dalam makalah ini.  Akhirnya penulis berharap semoga Allah memberikan imbalan yang setimpal pada mereka yang telah memberikan bantuan, dan dapat menjadikan semua bantuan ini sebagai ibadah.  Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.



Sumenep, 29 April 2013



Penulis








DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR..............................................................................................................1
DAFTAR ISI  ............................................................................................................................2
BAB I PENDAHULUAN.........................................................................................................3
1.1         Latar Belakang Masalah ...................................................................................................3
1.2         Rumusan Masalah..............................................................................................................3
1.3         Tujuan Penulisan ..............................................................................................................3
BAB II PEMBAHASAN..........................................................................................................4
2.1         Pengertian..........................................................................................................................4
2.2         Icon-icon yang terdapat dalam Tab References................................................................4
2.3         Fungsi dari icon-icon yang terdapat dalam Tab Reference...............................................5

BAB III PENUTUP................................................................................................................10
3.1 Kesimpulan ........................................................................................................................10
DAFTAR PUSTAKA  ............................................................................................................11














BAB I
PENDAHULUAN
1.1  Latar Belakang Masalah

Icon perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya lebih terlihat nyata dan konsisten.

Setelah kelompok kami melakukan observasi lebih lanjut, tab References ini menjadi sangat menarik dan cukup berperan penting bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi, makalah, dll, dimana di dalamnya dituntut untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.
Fakta di lapangan menunjukkan bahwa para pengguna mayoritas hanya mengetahui sisi luar dari tab References ini. Sedangkan pemahaman mengenai fungsi tab tersebut masih sangat minim dan butuh pemahaman lebih lanjut.
Untuk itu, posisi kami disini adalah sebagai pihak yang memberi pemahaman serta menyajikan referensi baru seputar tab References beserta fungsinya agar pengguna serta pembaca sekalian dapat memahami lebih lanjut dari tab references tersebut.
1.2  Rumusan Masalah
Dalam hal ini penulis merumuskan beberapa permasalahan-permasalahan sekaligus menjadi batasan bagi penulis didalam menguraikan makalah ini :
1.      Apa yang dimaksud Tab References ?
2.      Apa saja icon-icon yang terdapat dalam Tab References ?
3.      Apa fungsi dari icon-icon yang terdapat dalam Tab References ?

1.3  Tujuan Penulisan
Kelompok kami menyusun makalah ini bertujuan agar para pembaca bisa mengetahui tentang apa itu Tab References, apa saja icon-icon yang terdapat dalam Tab References, serta fungsi dari icon-icon yang terdapat dalam tab tersebut.





BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian
Tab References adalah salah satu dari beberapa tab yang ada dalam komputer, di antaranya home, insert, page layout, mailings, review, dan view. Icon perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan. Sebuah perbukuan perlu dilengkapi dengan atribut referensi yang lengkap, agar ide yang tertuang di dalamnya lebih terlihat nyata dan konsisten.
Tab References ini menjadi sangat menarik dan cukup berperan penting bagi pengguna dalam menggarap dokumen yang cukup kompleks. Misalnya proposal, skripsi, makalah, dll, dimana di dalamnya dituntut untuk melengkapinya dengan atribut referensi semisal footnote dan endnote.

2.2 Icon-icon yang terdapat dalam Tab References
Tab References terdiri dari 6 group:
1.      Table of Contens,
2.      Footnotes,
3.      Citation & Bibliography,
4.      Captions,
5.      Index, dan
6.      Table of Authorities.




2.3 Fungsi dari icon-icon yang terdapat dalam Tab References
1.         Table of Contens
Icon perintah yang terdapat pada group Table of Contens terdiri atas 3 icon: Table of Contens, Add Text, dan Update Table.
Menu Table of Contens digunakan untuk pengelolaan daftar isi. Dengan menu ini user bisa menyisipkan daftar isi otomatis pada sebuah halaman dokumen. Bila mode otomatis yang dipilih, maka fitur ini akan mencari judul dan subjudul secara otomatis dari file dokumen yang tengah Anda garap. Itulah sebabnya, sebelumnya Anda perlu memformat heading style atau format judul pada dokumen yang tengah dikerjakan. Dengan kata lain, daftar ini sebaiknya disisipkan ketika judul atau subjudul sudah terbentuk, meskipun hanya sebagian saja. Dengan menu ini pula Anda dengan leluasa dapat mengatur daftar isi yang sudah disisipkan.
Perintah Add Text digunakan untuk mengelola paragraf terpilih dalam kaitannya sebagai entri dalam daftar isi yang sudah dibuat. Tentu Anda tahu bahwa mesin otomatis tidak selamanya dapat menjalankan tugas spesifik yang sangat detail. Sehingga perlu adanya opsi yang memungkinkan user untuk melakukan customisasi bila nantinya ternyata tidak sesuai dengan yang diharapkan. Tak jarang, di tengah penulisan, akan membaca sebuah alinea biasa sebagai judul. Di kasus lain, Anda mungkin menghendaki sebuah judul untuk dimasukkan ke level 2 (subjudul) namun sistem justru menjadikannya sebagai judul (level 1). Sehingga langkah customisasi tampaknya perlu dilakukan agar hasil pekerjaan sesuai dengan yang diinginkan. Disinilah fungsi sebenarnya dari perintah ini. Bila diklik, menu ini akan memunculkan pulldown yang terdiri dari beberapa opsi pendukung sisipan tersebut. Anda bisa memilih, apakah mau disisipkan sebagai judul (level 1), atau subjudul (level 2), dll
Sedangkan perintah Update Table digunakan untuk memperbarui daftar isi. Adanya perubahan pada sebuah dokumen, misalnya saat Anda menghapus suatu judul atau subjudul tidak secara otomatis mempengaruhi status daftar isi. Update Table berfungsi untuk sinkronisasi antara daftar isi dengan perubahan terkini dalam dokumen.
2.         Footnotes
Umumnya, semua icon perintah yang terdapat di group Footnotes ini pengelolaan referensi tulisan. Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Footnote, (2) Insert Endnote, (3) Next Footnote, dan (4) Show Notes.

Insert Footnote digunakan untuk menyisipkan catatan kaki (rujukan yang berada di bagian bawah halaman atau footer). Suatu istilah kadang merasa perlu untuk dijelaskan lebih detail untuk memunculkan pemahaman yang konkrit, namun tidak mungkin dijelasakan dalam paragraf bahasan. Bila dipaksa akan memutus alur bahasan itu sendiri. Sebagai alternatif, Anda menyisipkan catatan kaki untuk menjelaskan lebih detail tentang istilah yang dipakai. Aktifkan kursor di sebelah kanan kata yang dimaksud, lalu klik icon ini, maka sistem akan membawa kursor ke bagian bawah halaman dan mempersilahkan Anda menulis catatan kaki.
Berbeda dengan Footnote, Endnote digunakan untuk menyisipkan catatan di akhir bab. Namun demikian, cara penggunaannya sama, bila perintah Endnote diklik, sistem akan membawa Anda pada akhir bab dan mempersihakan Anda untuk menuliskan catatan mengenai kata tertentu sesuai yang ditunjuk oleh kursor.
Sedangkan Next Footnote berfungsi untuk memantau footnote dan endnote. Icon ini memiliki down arrow. Bila diklik, akan muncul flyout yang berisi menu seputar pemantauan footnote dan end note yang terdapat di seluruh file dokumen aktif.
Icon Show Notes digunakan untuk memperlihatkan lokasi catatan, baik footnote maupun endnote. Bila Anda mengaktifkan perintah ini, maka sitem akan menampilkan letak catatan dari halaman dokumen yang sedang aktif. Untuk menonaktifkan tampilan tersebut, klik sekali lagi icon perintah Show Notes tersebut.
3.         Citation & Bibliography
Icon perintah yang terdapat di group Citation & Bibliography digunakan untuk pengelolaan kutipan dan daftar pustaka. Group ini sangat membantu dalam pengelolaan daftar kutipan dan daftar pustaka yang sering membingungkan kita saat menggarap tulisan kompleks. Group ini terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Citation, (2) Manage Source (3) Style, dan (4) Bibliography.
Insert Citation digunakan untuk menyisipkan kutipan langsung pada daerah kursor aktif. Dengan icon ini, Anda tidak melakukan pemformatan secara tradisional. Tentukan letak kursor, klik icon ini, Anda akan dihadapkan pada sejumlah opsi untuk keperluan menyisipkan kutipan.
Sedangkan icon Manage Sources digunakan untuk mengelola seluruh sumber kutipan yang mungkin sudah disisipkan di semua segmen file dokumen. Klik icon ini, Anda akan dibawa untuk berkonsentrasi dengan pengaturan semua sumber kutipan yang disisipkan tersebut.
Menu Style berfungsi untuk memilih bentuk bibliography yang diinginkan. Anda tidak perlu membuat sendiri bentuk daftar pustaka yang mungkin kita belum memahaminya. Pilih format daftar pustaka disini dan rasakan kemudahan dalam memilih format daftar pustaka yang resmi.
Menu Bibliography digunakan untuk menyisipkan daftar pustaka ke dalam file dokumen aktif. Seperti yang telah dijelaskan di atas, daftar pustaka sangat berkaitan dengan bahan kutipan yang telah disisipkan. Mungkin ada baiknya setelah Anda sisipkan kutipan langsung, Anda tidak lupa untuk mengklik icon Bibliography ini agar tidak perlu lagi mencatat di buku tradisional.
4.         Captions
Group Captions secara umum digunakan untuk menyisipkan keterangan mengenai gambar atau ilustrasi yang terdapat dalam dokumen. terdiri dari 4 icon perintah: (1) Insert Caption, (2) Insert Table of Figures, (3) Update Table, dan (4) Cross-reference.
Insert Caption digunakan untuk membubuhkan keterangan seputar ilustrasi atau gambar yang sudah disisipkan. Memang kita akui bahwa gambar cukup membantu memperjelas suatu bahasan. Namun gambar tersebut juga perlu diarahkan dengan sedikit keterangan seputar gambar tersebut. Bila tidak, mungkin ada sedikit pergeseran pemahaman tentang gambar ilustrasi tersebut. Mungkin tidak demikian bila kita membubuhkan keterangan mengenai gambar itu.
Sedangkan icon Insert Table of Figures digunakan untuk menyisipkan daftar isi gambar yang disisipkan ke dalam dokumen. Umumnya dalam perbukuan merasa perlu untuk melakukan katalog mengenai gambar-gambar yang terdapat di buku, untuk memudahkan pembaca dalam menavigasi seluruh gambar yang ada di sebuah buku. Icon Insert Table of Figures digunakan untuk melakukan urusan tersebut. Sehingga dengan mudah dapat membuat katalog gambar deskripsi di sebuah buku.
Icon Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap daftar katalog gambar. Perubahan di segmen gambar tidak serta-merta langsung mengubah katalog yang sudah dimasukkan sebelumnya. Misal, kita menambah atau menghapus suatu gambar ilustrasi. Kasus lain, nomor katalog gambar mungkin amburadul saat menyisipkan gambar baru diantara gambar lainnya. Dengan icon Update Table tersebut, sistem akan mengurutkan nomor katalog gambar tersebut.
Icon perintah Cross-reference berfungsi untuk menyisipkan referensi silang. Tak jarang pengulangan istilah di halaman lain juga perlu dijelaskan kembali di catatan kaki. Namun bagaimana bila hal itu harus diulang 100 kali? Disinilah fungsi sebenarnya dari icon Cross-reference tersebut. Anda bisa merujukkannya ke footnote atau endnote di halaman lainnya.
5.         Index
Group Index secara umum berfungsi untuk pengelolaan daftar kata yang dibahas di buku. Group ini terdiri dari 3 icon perintah: (1) Mark Entry, (2) Insert Index, dan (3) Update Index.
Mark Entry digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen. Saat mengedit tulisan mungkin dihadapkan pada situasi dimana Anda merasa perlu membedakan antara kata masukan yang baru dengan yang lama. Icon perintah Mark Entry akan membantu Anda dalam pengelolaan seputar masukan baru dalam sebuah dokumen. Dengan icon ini, entri kata yang baru akan ditandai dengan warna tertentu sehingga dengan mudah Anda bisa membedakan antara masukan kata yang sebelumnya dengan entri kata yang terbaru.
Sedangkan icon Insert index digunakan untuk menyisipkan daftar kata (indeks) ke dalam dokumen. Indeks menggambarkan kata atau istilah yang dibahas di dalam tulisan Anda. Dengan indeks, pembaca akan memiliki navigasi untuk mengenal sepintas tentang perbendaharaan sebuah buku. Icon Index membantu Anda dalam pengelolaan indeks di dokumen garapan Anda.
Update Index digunakan untuk memperbarui daftar indeks terkini. Saat Anda menambahkan kalimat baru di suatu bahasan, mungkin akan menggeser halaman yang sebelumnya sudah terdaftar dalam indeks sehingga daftar nomor halaman yang sudah terindeks tidak akurat lagi dengan kondisi terbaru dari dokumen Anda. Gunakan icon update Index tersebut untuk memperbarui daftar di indeks sesuai dengan kondisi terkini di dokumen Anda.
6.         Table of Authorities.
Table of Authorities digunakan untuk menyisipkan daftar sumber dari pemilik otoritas dokumen.bagian ini Terdiri dari 3 perintah yang bisa kita gunakan, antara lain : Mark Citation, Insert Table of Authorities, and Update Table.



Fungsinya adalah sebagai berikut :
  • Fungsinya Mark Citation digunakan untuk menandai masukan baru dalam dokumen.
  • Sedangkan Insert Table of Authorities berfungsi untuk menyisipkan tabel sumber kutipan, sumber undang-undang atau konstitusi.
  • Kemudian Update Table digunakan untuk melakukan pembaruan terhadap kutipan pada tabel
























BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Icon perintah yang terdapat di tab References secara umum digunakan untuk properti seputar rujukan atau referensi yang berkaitan dengan dunia perbukuan atau penyusunan beberapa dokumen yang cukup kompleks seperti proposal, skripsi, makalah, dll. Dimana fungsi keseluruhan dari icon-icon di dalamnya untuk mempermudah user dalam proses pengetikan sekaligus penyusunan dokumen-dokumen penting sebagaimana di atas.




















DAFTAR PUSTAKA

·        http://www.solopos.com/2012/09/22/tab references 
·        http://furkanny.wordpress.com/tugas/ fungsi tab references

Tidak ada komentar:

Posting Komentar